Thursday, April 9, 2015

Dari Dapur Griya Jati Rasa: Demo Masak Untuk Mengikuti Bazaar



Dari Dapur Griya Jati Rasa


Demo Masak Untuk Mengikuti Bazaar


DUMUNG –  Yayasan Griya Jati Rasa bersama ibu-ibu PKK RT 1 RW 1, Kelurahan Karanggayam, Catur Tunggal, Kecamatan Depok, Sleman, mengadakan Demo dan pelatihan memasak di Pondok Tali Rasa, Jalan Dumung 100 Karanggayam, Kamis (9/4) Sore. Acara ini diselenggarakan untuk persiapan Bazaar dan Pameran di Desa Catur Tunggal tanggal 17-18 April 2015 mendatang,
Hal ini dibenarkan oleh Sekretaris 2 PKK RT 1 RW 1 Kelurahan Karanggayam, Yanti Herawati (37), “Pelatihan memasak ini diadakan karena ada acara Pameran memperingati Hari Ulang Tahun desa Caturtunggal, setiap dusun wajib mengikuti pameran dan Bazaar jajanan pasar, kebetulan Bu Nona (Farsijana – Red) memfasilitasi untuk berlatih,” jelasnya saat ditemui di sela-sela acara pelatihan.

                                                     GRIYA JATI RASA / DIAN PRAMUDITA



 Ibu-ibu PKK RT 1/ RW1 sedang memasak di dapur Griya Jati Rasa, Kamis (9/4) sore.

Pelatihan kali ini dihadiri oleh 6 orang ibu-ibu anggota PKK RT setempat dan Seorang Remaja pria yang juga ikut dalam kegiatan ini. Pada kesempatan kali ini, DR Farsijana yang sekaligus sebagai tuan rumah mengajak ibu-ibu untuk berpratek membuat beberapa macam kue, yaitu Kue Singkong Tape Ketan Rasa Keju Tanpa Keju, Kue Ubi Ungu Puding Tepung Ketan Pandan Wangi, Kue Apel Soda Manis dan Kue Bayam Gurih.
Selain praktek memasak, peserta coba diberi materi tertulis dalam kertas yang berisi brosur pengetahuan tentang urutan pengolahan makanan dan resep-resep kue yang telah disebutkan di atas. Urutan pengolahan tentang makanan meliputi pengetahuan tentang apa yang akan dimasak, proses produksinya, keamanan makanan dan kebersihan pengolahan, rasa manakan, keindahan makanan, penyajian dan kemasannya.
Awalnya peserta diajak mengolah bahan dasar singkong dengan memarutnya dan dibuat Kue Singkong Tape Ketan Rasa Keju Tanpa Keju, setelah itu beberapa Kue lainnya dibuat bersaleng seling untuk mempersingkat waktu.
Salah seorang peserta pelatihan ini, Yanti Herawati menyatakan, “Ini kegiatan yang positif diharapkan bisa berkelanjutan sehingga ibu-ibu yang lain bisa ikut berpartisipasi juga, soalnya saya dan Bu Nona satu pemikirian, ingin membangun ibu-ibu Karanggayam mempunyai UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah-Red),” ungkapnya.
Dirinya terkesan dengan rasa kue yang dibuat dalam demo ini. "Itu resep baru jadi menurut saya enak rasanya, saya belum pernah merasakan kue-kue yang seperti ini, dan ini merupakan sumbangan resep baru dari Bu Nona," tutur Yanti. (Pram)  

                                                                          GRIYA JATI RASA / DIAN PRAMUDITA                                                         Kegiatan yang dibuka oleh Manajer Griya Jati Rasa, Izmi Barzanah, ternyata tidak hanya dihadiri oleh ibu-ibu saja tetapi ada seorang pemuda.


















No comments:

Post a Comment