Friday, April 10, 2015

Griya Jati Rasa Meriahkan Hari Bumi. Besok Pelatihan Pembuatan Globe Dari Limbah Non Organik



Pelatihan Pembuatan Globe meriahkan Hari Bumi

Besok Pelatihan Pembuatan Globe Dari Limbah Non Organik

           GRIYA JATI RASA/DIAN PRAMUDITA
               Tim Griya Jati Rasa (Farsijana dan Krisdiyanto) sedang membuat kerangka bola bumi

DUMUNG – Dalam rangkaian memeriahkan peringatan Hari Bumi, Yayasan Griya Jati Rasa bekerja sama dengan Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa, Badan Lingkungan Hidup DIY, dan LSM Lestari menurut rencana akan mengadakan pelatihan pemilahan sampah dan Pembuatan Globe yang kulitnya terbuat dari sampah non organik. Menurut rencana, kegiatan ini akan digelar, Sabtu (11/4) Besok Siang.
Diperkirakan acara akan berlangsung dari pukul 12.30 WIB hingga 16.00 WIB di Sekretariat Yayasan Griya Jati Rasa, Pondok tali Rasa, Jalan Dumung 100 Karanggayam, Catur Tunggal Depok Sleman.  
            Rencananya dalam acara ini akan diikuti sekitar kurang lebih 30 peserta, yang merupakan anggota dari kelima kelompok binaan Yayasan Griya Jati Rasa yang tersebar di 4 kabupaten dan satu kotamadya di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini. Selain itu juga akan dihadiri oleh Ibu-ibu Kelompok PKK RT 1 / RW 1 Kelurahan Karanggayam, Catur Tunggal, Depok, Sleman dan wakil dari SMP 5 Depok, Sleman.
Menurut Manajer Yayasan Griya Jati Rasa Izmi Barzanah (37) yang juga sebagai Pengorganisir kelompok yang akan terlibat dalam pembuatan Globe, “Masing-masing kelompok terdiri dari lima orang, meliputi perwakilan Kelompok Sampah Gowok Kecamatan Depok Kabupaten Sleman, Kelompok Sampah Patehan Kecamatan Keraton Kota Jogja, Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Kaliagung Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo, Perwakilan Kelompok Tani Nilam Desa Giricahyo Kecamatan Purwosari Kabupaten Gunung Kidul, dan Kelompok Karang Taruna Desa Panggungharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul,” tuturnya.
Setiap kelompok nantinya akan diberi tugas mengisi bagian-bagian kulit globe dengan merangkai kulitnya dari sampah non organik. Tugas itu akan berlangsung dari tanggal 12-24 April 2015 dilakukan oleh masing-masing kelompok di daerah asalnya. Pemasangan bagian-bagian kerangka Globe ini menurut rencana nantinya akan dilakukan pada perayaan Hari Bumi tanggal 25 April 2015 bertempat di Pasar Baru Niten, Desa Panggungharjo Sewon Bantul.
            Berdasarkan proposal Yayasan Griya Jati Rasa yang ditulis oleh DR. Farsijana Adeney-Risakotta, maksud dari pelatihan pembuatan “globe”dengan lapisan ozon yang robek ini, nantinya akan ditampilkan pada pameran perayaan hari bumi yaitu sebagai sarana pembelajaran dan kampanye yang berkelanjutan terhadap upaya bersama warga dunia dalam menyelamatkan pelebaran robeknya lapisan ozon dari bumi. Disesuaikan dengan tema perayaan Hari bumi tahun ini yaitu Energi untuk Bumi. Bahkan dirinya sebagai inisiator dan konseptor dari program ini, juga telah melukis bola bumi (globe), menggambar kerangkanya dan menurunkan penjelasan teknik untuk dilakukan dalam pembuatan globe tsb.  
 Selain itu di dalam proposal juga tertulis tentang tujuan dari pelatihan pembuatan globe yaitu untuk mendorong gerakan pengolahan sampah pilah karena bahan yanng digunakan dalam pembuatan globe adalah limbah non organik yang dikumpulkan dengan gerakan pilah sampah warga.  Diharapkan kegiatan ini bisa memperluas pembentukan kelompok-kelompok pembuat sampah pilah termasuk  mengembangkan desainnya secara kreatif. Selain itu diharapkan terbentuknya forum hijau dari kelompok-kelompok pemilah sampah untuk kelestarian lingkungan. Griya Jati Rasa yang memfokuskan diri pada pengembangan UMKM mengharapkan usaha sampah pilah bisa ditingkatkan menjadi usaha produktif setara UMKM yang sadar lingkungan. 
Agenda dari kegiatan ini rencananya meliputi Pengantar Pelatihan tentang Bank Sampah yang disampaikan oleh Pusat Pengembangan Ekoregion Jawa, Pelatihan Pemilahan Sampah dilakukan olehh LSM Lestari, Penjelasan pembuatan globe oleh tim dari Griya Jati Rasa yang terdiri dari Farsijana, Ismi dan Kris diakhiri dengan tanya jawab. (Pram)

                          GRIYA JATI RASA/DIAN PRAMUDITA
Tim Griya Jati Rasa terdiri dari oma Ina, mas Nurul dan Krisdiyanto
 sedang  meneruskan kerangka bola bumi 

No comments:

Post a Comment